KBB#24: Rich Chocolate Tart

Setelah cukup lama menunggu, akhirnya saya mendapat lampu hijau untuk mengikuti tantangan Klub Berani Baking. Sebagai calon anggota baru yang harus di ospek dulu, saya diwajibkan untuk ikut 2 tantangan berturut2 tanpa terpotong. awalnya sih santai.. pasti bisa. eeeh ternyata sampai waktunya mepet banget baru sempat bikin. phew.. pas sudah selesai rasanya lega banget. Jadiii.. di bawah ini kumpulan foto dari pelaksanaan tantangan, dan nanti di paling bawah resepnya.

adonan pastry nya menurut saya cukup pas, tapi pada saat di giling, kok gak bisa diangkat ya? jadinya adonan pastry langsung aku templok di dasar loyang dan ditekan2 aja.

pada saat pembuatan fillingnya, melakukan sedikit kesalahan, oops. coklat yang sudah dilelehkan saya masukkan ke adonan telur & gula dlm keadaan panas. alhasil adonan filling jd sedikit menggumpal dan tidak mulus. tapi yasudahlah yaaa.. pasrahkan aja. hehehe…

setelah 40 menit memanggang, keluar lah tart coklat dari oven. sabar menunggu dingin, saya taburi dengan coklat bubuk lagi.

rasanya? jangan ditanyaa… enaaak banget! fillingnya lembut, pastrynya renyah.. dan yang paling aku suka, rasanya yang tidak terlalu manis. paas!


ohya, ini resep lengkap nya ya :

KBB#24: Rich Chocolate Tart

Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.

Untuk 10 porsi

Pastry

185g tepung terigu

25g coklat bubuk

55g icing sugar mixture

150g mentega dingin, cincang

2 kuning telur

1 sdt air dingin

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate).

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.

Chocolate Filling

4 kuning telur

2 butir telur

55g gula caster

80ml krim kental

300 DCC, lelehkan

1 sdt ekstrak vanilla

Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow).

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.

Advertisements

2 thoughts on “KBB#24: Rich Chocolate Tart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s